Rabu, 14 Desember 2011

RESUM ICT BAB 11 dan 12

Tugas Resum ICT tanggal 32-11-2011
B. RISNA

Nama : DWI IRAWATI
Kelas : TI-1B
NIM : 431010028


BAB 11 “ PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI dan BAHASA PEMROGAMAN “

A. Siklus Pengembangan Sistem
SISTEM adalah sejumlah komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama.
SISTEM INFORMASI (SI) adalah kumpulan peranti keras, peranti lunak data, orang dan prosedur, yang saling bekerja sama untuk menciptakan informasi yang berkualitas. Contoh pengguna Sistem Informasi adalah karyawan toko, penjual, akuntan, pengawas, manager, eksekutif, dan pelanggan.

SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM adalah sejumlah aktifitas yang digunakan untuk membuat sistem informasi yang biasanya mengelompokan berbagai aktifitas dalam kategori yang lebih besar yang disebut fase .
kebanyakan Siklus Pengembangan mencangkup lima fase yaitu :
1. Perencanaan
2. Analisis
3. Perancangan
4. Implementasi
5. Operasi, Dukungan, dan Pengamanan
Pada kenyataanya aktifitas pada sistem yang berdekatan biasanya saling berinteraksi , membuat siklus pengembangan sistem menjadi sebuah proses yang berulang dan dinamis.

MANAJEMEN PROYEK adalah suatu proses perencanaan, penjadwalan dan pengendalian aktifitas selama siklus pengembangan sistem. untuk merencanakan dan menjadwalkan proyek secara efektif, pimpinan proyek mengidentifikasi elemen-elemen sebagai berikut :
- tujuan, sasaran dan ekspektasi dari proyek
- Aktifitas yang dibutuhkan
- Perkiraan waktu untuk setiap aktifitas
- urutan setiap aktifitas
- aktifitas yang dapat dikerjakan secara bersamaan.

PENILAIAN KELAYAKAN. Kelayakan adalah ukuran dari beberapa cocoknya pengembangan suatu sistem bagi perusahaan di masa yang akan datang. 4 Pengujian untuk menilai kelayakan adalah : Kelayakan operasional, Kelayakan jadwal, Kelayakan teknis, Kelayakan ekonomis

DOKUMENTASI adalah kumpulan dari ringkasan dari data dan informasi meliputi laporan, diagram program, ato informasi lainya yang diperoleh selama siklus pengembangan sistem.
Teknik-Teknik pengumpulan data dan informasi
- Mengkaji dokumentasi
- Mengamati
- kuesior
- wawancara
- sesi J A D
- penelitianyang memulai siklus pengembangan nilai sebagian besar adalah Permintaan Proyek yang memicu fase pertama dari fase Perencanaan.

FASE PERENCANAAN untuk proyek dimulai ketika komite pengendali menerima permintaan proyek. aktifitas yang dikerjakan adalah mengkaji permintaan proyek, memprioritaskan permintaan proyek, mengalokasikan sumber daya, membentuk tim peengembangan proyek.
FASE ANALISIS terdiri atas aktifitas melakukan penyelidikan awal, mengerjakan aktifitas analisis secara menyeluruh dengan mempelajari sistem saat ini, menentukan kebutuhan pengguna dan memberikan saran solusi.
FASE PERANCANGAN terdiri atas dua aktifitas utama yaitu  Mendapatkan peranti keras dan peranti lunak jika diperlukan, mengembangkan sistem secara mendetail. yang pertama yaitu mengidentifikasi spesifikasi teknis, mengumpulkan proposal penjualan, menguji dan menilai proposal penjual dan mengambil keputusan.
Rancangan Terperinci : mengembangkan spesifikasi rancangan terinci untuk komponen komponen dalam soludi yang diusulkan. aktifitasnya ,meliputi pengembangan rancangan untuk basis data, input, output dan program.
Membuat Prototipe : analisa sistem menggunakan prototipe selama fase perancangan. Prototipe adalah model kerja dari sistem yang diusulkan
Perangkat Case : analisa sistem menggunakan peranti lunak untuk membantu mengembangkan sistem, mendukung sat atau beberapa aktifitas dalam siklus pengembangan sistem.
Teknik Pengkajian Kualitas : yang dapat melakukan pengkajian meliputi pengguna, analis sistem, staf TI, dan anggota tim pengembangan sistem.
FASE IMPLEMENTASI ini meliputi  mengembangkan program, memasang dan menguji sistem yang baru, melatih para pengguna, pindah kesistem yang baru.
Pengembangan Program terdiri ari serangkaian aktifitas yang teratur yang dikenal sebagai siklus pengembangan program.
Memasang dan Menguji Sistem Baru : jika perusahaan membeli peranti keras atau lunak yang baru maka harus ada yang memasang dan mengujinya. analisa sistem harus yakin kalau semua program harus dapat bekerja sama dengan sistem.
Melatih Para Pengguna. Pelatian meliputi pemberian petunjuk secara tepat kepada pengguna mengenai penggunaan keras/lunak yang baru pada sistem.
Berpindah Ke Sistem Baru. Perpindahan ini dapat dilakukan menggunakan salah satu ato beberapa strategi konversi.
- Konversi Langsung : para pengguna berhenti menggunakan sistem lama dan langsung menggunakan sistem baru pada tanggal yang telah ditentukan
- Konverensi Paralel : sistem yang lama dijalankan bebarengan dengan sistem yang baru selama waktu tertentu
- Konversi Bertahap : setiap lokasi dikonversikan pada waktu yang berbeda.
- Konversi Uji coba : Hanya satu lokasi pada perusahaan yang menggunakan sistem yang baru.
FASE OPERASI, DUKUNGAN dan PENGAMANAN adalah menyediakan bantuan secara terus menerus bagi sistem informasi dan penggunaannya setelah sistem tersebut diimplementasikan. aktifitasnya meliputi mengerjakan aktifitas pemeliharaan, memantau kinerja sistem, menilai penggunaan sistem.

B. Bahasa Pemrograman
Program Komputer : sekumpulan perintah yang memberitahukan komputer cara mengerjakan tugas tugasnya.
Pemrogram adalah komputer terkadang juga disebut Pengembang : menulis dan memodifikasi program komputer.
Bahasa Pemrograman : sejumlah kata, kode,  dan simbol yang membuat pemrogram dapat menyampaikan perintah kepada komputer.

BAHASA TINGKAT RENDAH
1. Bahasa Mesin (Bahasa Pemrograman Generasi Pertama) : satu satunya bahasa yang dikenali langsung oleh komputer.
2. Bahasa Assembly(Bahasa Pemrograman Generasi Kedua) : pemrogram memereintah menggunakan kode perintah secara simbolik.

BAHASA PROSEDURAL(generasi ketiga), pemrogram menuliskan perintah yang memberitahukan komputer apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. biasanya pemrogram menggunakan Compiler atau interpreter untuk mengerjakan terjemahannya. Compiler adalah program terpisah yang mengkonversi seluruh program sumber menjadi bahasa mesin sebelum menjalankannya. Interpreter membaca pernyataan kode dan mengkoonversinya menjadi satu atau beberapa perintah dalam bahasa mesin, dan menjalankan perintah bahasa mesin tersebut..

COBOL adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk aplikasi bisnis.
Bahasa Pemrograman yang berorientasi obyek dan perangkat pengenmbangan program
- Bhasa Pemrograman berorientasi obyek :  untuk mengimplementasikan program.
- Bahasa Pemrograman Berorientasi : program yang menyediakan lingkungan yang ramah pengguna.
JAVA : adalah bahasa pemrograman berorientasi obyek
C++ : Bahasa pemrpgraman berorientasi obyek yang merupakan pengembangan dan bahasa pemograman C
C# : bahasa pemograman berorientasi obyrk yang dikembangkan bersama terutaman oleh insinnyur yang liar biasa
Visual studio 2005:membantu pemrogram untuk winndows, windows mobile,atau
Delphi - delphi : perangkat pengembangan program berdaya kuat dan ideal untuk membuat aplikasi aplikasi perusahaan bersekla besar
Powerbuilder : Perangkat pengembangan program RAD yang cocok untuk aplikasi berorientsi obyek pada perusahaan bersekala besar.
Bahasa Pwmrograman Visual : bahasa yang menggunakan antermuka visual ato grafis untuk menciptakan seluruh kode.
RPG (Report Program Generator) : membantu perusahaan perusahaan membuat laporan laporan
4GL (Bahasa Generasi keempat) : Bahasa non prosedural yang memungkinkan pengguna dan pemrogram mengases data pada basis data.
Perangkat Pengembangan Program Lainnya : program program ini secara otomatis menghasilkan perintah perintah prosedural yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan komputer.
- Generator Aplikasi : Program yang menulis kode sumber ato kode mesin dari spesifikasi fungsional yang dibutuhkan .
- Marco : Sekumpulan pernyataan yang memerintahkan suatu aplikasi cara menyelesaikaam pekerjaan.

Pengembangan Halaman Web
- HTML : digunakan oleh para memrogram untuk memformat dokumen" agar dapat ditampilkan pada web.
- Scrib, Applet, Seryvlet, dan Active Control : program pragram kecil dalam menambahan dalam pembuatan web.
- Bahasa Scripting, bisa Java, C++. C#, dan Visual Basic 2011..
- XHTML : Bahasa marcub yang memungkinkan situs situs web ditampilkan lebih mudah pada PDA dan Smart phone
- XML : format berbagi data memeungkinkan para pembuat Web menciptakan tag tag sendiri dan standar
- WML : bahasa marcup yang digunakan oleh para pembuat web untuk merancang halaman halaman yang khusus ditampilkan pada perjalanan web mikro
- AJAK : pembuatan aplikasi aplikasi web interaktif untuk memberikan respon langsung dari pengguna.

Program Pengembangan Halaman Web  : Dreamweaver MX, Flash MX, Fontpage
Pengembangan Program Multimedia : menggabungkan teks, grafik, animasi, audio, dan videomenjadi suatu presentasi interaktif.
Siklus Pengembangan Program : serangkaian langkah yang dilakukanoleh para pemrogram untuk membuat program program komputer.
Struktur Kontrol : menggambarkan urutan logika dari perintah perintah program
-Siklus Kontrol Rangkaian : menunjukan satu ato beberapa tindakan yang saling mengikuti sesuai urutannya.
-Siklus Kontrol Pilihan : memberikan program tindakan tindakan yang harus dilakukan berdasarkan suatu kondisi
-Siklus Kontrol Pengulangan : melakukan tindakan berulang ulang selama kondisi dipenuhi

BAB 12 “ KOMPUTASI PERUSAHAAN “

PERUSAHAAN : dalam hal ini perusahaan diartika perusahaan multinasional, universitas, rumah sakit, laboratorium pemerintahan, serta organisasi pemerintahan besar.
Komputasi Perusahaan meliputi penggunaan komputer " dalam jaringan " yang mencangkup beragam sistem operasi , protokol dan sistem arsitekstur yang berbeda.
Sistem Organisasi sebuah Perusahaan ditata secara heirarkis, setiap perusahaan berbeda sesuai kebutuhan
Tingkatan Pengguna : Menejemen eksekutif, Menegemen menengah, Manajemen Operasional, dan karyawan karyawan nonmanajemen. itu td dari tingkatan paling atas ke yang bawah

Sistem Informasi Dalam Perusahaan. sistem Informasi : sekumpulan peranti keras, peranti lunak, data, manusia, dan prosedur yang bekerja sama untuk menghasilkan informasi.
Sistem Informasi dalam Unit-Unit Fungsional :
- Akuntasi dan Keuangan : menggambarkan fungsi fungsi terpisah dari sistem akuntansi dan keuangan yang digunakan oleh dpartment akuntansi dan keuangan.
- Sumber Daya Manusia : mengelola suatu atau beberapa fungsi sumber daya manusia
- Rekayasa atau Pengembangan Produk meliputi  CAD: menggunakan komputer dan piranti lunak khusus untuk membantu merancang produk, CAE : untuk mengguji produk tersebut
-Manufaktur : membantu dalam menjadwalkan dan pengolahan persediaan suku cadang dan produk
- Pemasaran : berfungsi sebagai suatu pusat penyimpanan tugas tugas unit fungsional pemasaran
- Penjualan : melengkapi para penjual yang tengah berpergian dengan alat alat bantu elektronik uang mereka perlukan agar penjualan lebih produktif.
- Distribusi : memberikan perkiraan untuk mengendalikan persediaan, pengelola dan melacak pengiriman produk
- Layanan Pelanggan : mengelola interaksi dengan pelanggan dari hari ke hari.
- Teknologi Informasi : membuat keputusan keputusan teknologi untuk perusahaan besar, seperti keputusan untuk membangun atau membeli sistem informasi mamagemen interaksi pelanggan

Sistem Informasi Dan Kegunaan Umum
- Sistem Informasi Perkantoran : sistem informasi yang memungkinkan para karyawan menjalankan tugas menggunakan komputer dan peralatan elektronik lainnya
- Sistem Pemrosesan Transaksi : sistem informasi yang mengambil data dan memproses data dari aktifitas bisnis sehari hari
- Sistem Informasi Managemen : sistem informasi yang menghasilkan informasi akurat, tepat waktu dan teratur agar para manajer dan pengguna lainnya dapat mengambil keputusan , menyelesaikan masalah, mengawasi aktifitas dan melacak kemajuan.
- Sistem Pendukung Keputusan : membantu para pengguna menganalisis data dan mengambil keputusan keputusan
- Sistem Pakar : sistem informasi yang mengambil dan menyimpan pengetahuan manusia yang ahli, kemudian meniru cara berfikir dan mengambil keputusan seperti manusia.
Sistem Informasi Terintegrasi
- Perencanaan Sumber Daya Perusahaan Besar : menyediakan aplikasi aplikasi peranti lunak terintegrasi dan terpusat untuk membantu mengelola dan mengoodinasi segala aktifitas perusahan besar yang tengah berlangsung
- Managemen Hubungan Pelanggan : mengelola informasi tentang pelanggan, interaksi dengan pelanggan pembelian pembelian sebelumnya dan berbagai minat.
- Sistem managemen Muatan : sistem informasi yang merupakan kombinasi dari basis data peranti lunak dan prosedur prosedur yang menggantung dan memungkinan akses pada beragam bentuk dokumen dan file lainnya

Teknologi - Teknologi untuk Perusahaan
- Portal : sekumpulan link, muatan dan layangan yang ditampilkan pada sebuah halaman web dan dirancang untuk memandu para pengguna menuju informasi yang memungkinkan menarik untuk fungsi pekerjaan mereka
- EDI : serangkaian standar yang mengatur perpindahan data dan informasi bisnis diantara  komputer kompueter baik dalam suatu perusahaan besar maupun diantara perusahaan perusahaan besar
- Gudang Data : basis data yang luar bisasa besar yang menyimpan dan mengelola data yang dibutuhkan untuk menganalisis transaksi transaksi yang telah dan sedang terjadi
- Ekstranet : sebagian dari jaringan perusahaan yang memungknkan para pelanggan atau pemasok perusahaan tersebut mengakses bagian bagian dari intranet perusahaan besat
- Layanan Web : meliputi serangkaian teknologi peranti lunak yang relatif baru memungkkinkan perusahaan menciptakan produk produk dan interaksi interaksi B2B melalui internet
- Aliran Kerja : proses yang telah menetapkan yang mengedintifikasi serangkaian langkah spesifik yang terkait dalam penyelesaian sebuah proyek atau proses bisnis tertentu
- Virtual Private Network : membantu memastikan bahwa data yang dikirimkan terlindungi dari campur tangan orang " yang tidak berhak.

E-COMERENCE
- E-Retaling
- Keuangan
- Kesehatan
- Hiburan dan Media
- Penjualan
- Layangan Bisnis Lainnya

Peranti Keras Untuk Perusahaan Besar
- RAID
- Network Attached Storage dan Storage Area Network
- Sistem Penyimpanan Perusahaan Besar
- Blade Server
- Sistem dengan Ketersediaan Tinggi
- Peluang Pengembangan
- Komputasi Utilitas dan Grid
- Interoperabilitas

Prosedur BeckUp. Pemulihan Pascabencana: sebuah rencana tertulis yang menggambarkan langkah langkah yang akan dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memulihkan operasi komputernya jika terjadi bencana.
- Rencana Darurat
- Rencana Cadangan
- Rencana Pemulihan
- Rencana Pengujian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar