Sabtu, 06 Oktober 2012

ISP (Internet Service Provider)

Untuk dapat bergabung dengan internet, kita harus mempunyai aksesdengan cara berlangganan ke penyedia jasa internet yang sering disebut dengan Internet Service Provider (ISP).

untuk mengtahui lebih lanjut apa itu ISP, simaklah berikut ini .

Pengertian Internet Service Provider

ISP (Internet ServiceProvider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom. Sekarang, denganperkembanganteknologi ISP akses internet tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Teknologi ini “paling murah”, sehingga tidak perlu membangun jaringan kabel, mudah dipindahkan, tidak ada biaya izin, namun hanya tagihan bulanan untuk biaya pulsa telepon.
 
Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa internet.Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke internet, pendaftaran nama domain, dan hosting. ISP ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna dari sambunganyang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringandi sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data berupa kabel(modem, sewa kabel, dan jalur lebar), radio, maupun VSAT. Pilihan hubunganISP biasanya menerapkan biaya bulanan kepada pelanggan.
 
Pada saat menjadi pelanggan sebuah ISP, kita akan diberikan username dan  password yang akan kita gunakan setiap kali mengakses internet. Bagi user atau pelanggan perlu memerhatikan bahwa sebelum Anda memilih ISP sebagai media penghubung, ada baiknya apabila mengetahui tata cara berlangganan ISP. Aturan tersebut adalahpelanggan yang berlangganan dengan sebuah ISPharus mengikuti aturan-aturan berlangganan yang ditetapkan oleh ISP tersebut.Biasanya masing-masing ISP memiliki kebijakan-kebijakan tersendiri, namun pada umumnya ISP-ISP tersebut melarang pelanggan untuk menggunakan koneksi internet untuk keperluan-keperluan yang negatif dan melanggarhukum. Lalu bagaimana sebenarnya kerja internet dengan adanya ISP ini?
 
Untuk mengakses kita cukup menghubungi Internet Service Provider (ISP)melalui komputer dan modem. Selanjutnya, Internet Sevice Provider yangakan mengurus detail-detail yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet sekaligus pembayaran biaya SLJJ (Sambungan Langsung Jarak Jauh). Koneksi tersebut melalui internet exchange dan interkoneksi. Sebagian besar ISP memerlukan
upstream. ISP yang tidak memiliki upstream disebut tier1, dimana tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi.
 
Berikut adalah contoh perusahaan jasa ISP yang ada di Indonesia.
a. Wasantara.Net, penyedia layanan internet (internet service provider)
inimerupakan provider yang dikelola oleh PT Pos dan Giro Indonesia.
b. Telkom-Net Instan, penyedia layanan internet (internet service provider) ini dikelola oleh PT TELKOM. Salah satu kelebihan dari Telkom-Net ini adalah tidak diperlukan registrasi atau pendaftaran berlangganan. Asalkan menggunakan telepon rumah dengan TELKOM, sudah dapat langsungterhubung ke internet dengan account dan  password standar Telkom-NetInstan.
c. Indosat-Net, Rad-Net, Mega-Net, Bitnet, Cabinet, Cbnnet, Centrin, Dnet, Globalnet,  Idola,  Indonet, dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar