Sabtu, 06 Oktober 2012

Tata Cara Menghubungkan ke Internet Service Provider



Untuk dapat menghubungkan diri pada salah satu ISP atau provider lokaldi daerah Anda, maka harus mendaftarkan diri. Dengan mendaftarkan diri padaprovider di daerah Anda, maka perhitungan pulsa akan dilakukan secara lokal.
12
Ada dua jenis ISP yaitu gratis dan membayar, serta ada dua cara yang yangdapat dilakukan untuk dapat terkoneksi dengan ISP, yaitu dengan Dial Up atau Dial On Demand dan Leased Line.

a. Dial UP atau Dial On Demand

Dial up adalah koneksi temporer karena jaringan ini akan terkoneksi apabila diperlukan saja. Layanan internet ini memungkinkan pelanggan tidak terkoneksi secara terus-menerus ke internet. Sistem pembayarannya adalah pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet. Contoh layanan internet ini adalah Telkomnet Instant dari Telkom, layanan-layanan dial up dari ISP yang lain, dan beberapa layanan dari ISP wireless lokal.
12
b. Leased Line

Layanan leased line disebut juga dengan system dedicated, merupakan jaringan permanen atau real time yang online selama 24 jam penuh. Sistem pembayaran dari layanan ini juga biasanya dilakukan per bulan dimana pelanggan akan membayar sesuai dengan paket yang ditawarkan, baik selama sebulan tersebut pengguna memang benar menggunakan internet24 jam penuh atau tidak.

Sistem dedicated ini biasanya mahal. Untuk menekan biaya langganan, ISP memberikan beberapa metode untuk menekan harga, misalnya dengan membatasi jumlah data yang boleh didownload dan diupload oleh pelanggan selama 1 bulan. Jumlah batasan data ini biasanya disebut dengan quota. Contoh layanan dedicated adalah layanan-layanan dari Channel 11, ERA AKSES, Speedy dari Telkom, dan layanan-layanan dari ISP wireless lokal.

Setiap provider mempunyai kelebihan dan fasilitas yang tersedia, sehingga biaya pendaftaran, abonemen, dan biaya overtime serta biayalain akan berbeda antara provider satu dengan provider yang lainnya. Oleh karena itu, sebelum Anda mendaftarkan diri pada provider, maka terlebih dahulu perlu mencermati fasilitas yang ditawarkan oleh providertersebut.


semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar