Kamis, 04 Oktober 2012

Tips Cisco CCNA

sekedar berbagi aja untuk temen-temen yang mau dan akan menghadapi ujian Cisco CCNA mau tak mau seperti saya :-D



Beberapa tips untuk mengikuti test CCNA:


Relaksasi sebelum melakukan test: Untuk menghindari stress, pastikan anda hadir 10-15 menit sebelum ujian dimulai dan bersantai dahulu.

Biasakan anda dengan kondisi waktu ujian: Sebelum mengikuti ujian CCNA, anda diberikan kesempatan untuk membiasakan diri anda dengan situasi saat ujian dilaksanakan (interface ujian). Pastikan anda memanfaatkan saat tersebut dengan baik.

Tips menggunakan waktu dengan baik:
Manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk setiap Pertanyaan: waktu durasi ujian adalah 90 menit, pastikan anda memanfaatkan waktu dengan baik untuk setiap pertanyaan. Perlu diingat, untuk pertanyaan yang mempunyai nilai banyak, untuk menjawab membutuhkan waktu yang lumayan lama, contoh untuk soal masalah subnetting.

Yakinkan anda untuk menghadapi interface Ujian, biasakanlah diri anda: Anda harus meyakinkan diri anda, jika anda masih ragu-ragu, dan yakinkan bahwa anda benar-benar mengerti peraturan ujian CCNA atau mengerti komputer/software yang digunakan untuk ujian dengan cara bertanya pada supervisor/pengawas setelah pengawas melakukan setting pada mesin anda, sebelum anda memulai ujian tersebut. Ingat bahwa ujian tersebut dibatasi oleh waktu, dan anda dapat kehilangan test yang berharga untuk setiap pertanyaan mengenai peraturan ujian/komputer/software yang anda gunakan, yang dapat anda tanyakan sebelum test dimulai.

Catat point-point yang penting sebelum ujian: Sebelum anda memulai ujian, mintalah kertas kosong dan catat point-point penting yang mungkin harus anda ingat ketika melakukan ujian. Hal ini diperbolehkan dan terbukti sangat bermanfaat selama anda mengikuti ujian.
Point-point penting tersebut meliputi:

OSI Model Layers
Access Lists
Tabel penting seperti bilangan pangkat 2 (2^1 = 2; 2^2 = 4…2^8 = 256)
Class A,B,C address range dan informasi lengkapnya, seperti:
Class A: Ditandai dengan network.host.host.host; octet pertama dimulai dari 1 sampai 126
Rumus-rumus penting seperti 2^x-2 memberikan jumlah host per subnet dimana x adalah bilangan "off" bits pada subnet mask.
Tabel dan tips konversi binary ke desimal.

Seluruh jawaban anda adalah jawaban final:
Harap diingat bahwa anda tidak dapat mengulangi jawaban yang sudah anda jawab. Jadi pastikan anda berhati-hati selama menjawab pertanyaan tersebut dan tidak usah tergesa-gesa, karena hal tersebut dapat merugikan nilai anda yang berharga.

Jangan panic.
Tidak ada penilaian negatif. Walaupun software ujian tidak akan memberikan kesempatan kepada anda untuk melihat/memperbaiki
kesalahan yang sudah anda jawab, tidak ada nilai negatif untuk setiap jawaban anda yang salah.
Ujian CCNA tidak akan melakukan pinalti kepada anda atas setiap jawaban yang salah, jadi pastikan anda menjawab seluruh pertanyaan yang belum
terjawab. Jika anda benar-bentar tidak tahu akan jawaban yang benar akan suatu pertanyaan, hilangkan jawaban yang tidak mungkin benar, dan persempit
tebakan anda.


Selamat ujian CCNA, semoga berhasil dan keberuntungan menyertai anda.
Jangan lupa berdoa sebelum ujian!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar